Pendidikan

Perjuangan Sekolah di Pesisir Inhil untuk Bisa Ikut UNBK

RIAULINK.COM, INHIL - Perjuangan sekolah yang terletak di pesisir Indragiri Hilir ini tidak ada habisnya agar bisa mengikuti Ujian Nasioanal Berbasis Komputer (UNBK) seperti sekolah-sekolah yang ada di ibu kota kabupaten.

Berbagai cara pun sudah dilakukan, termasuk meminta bantuan laptop kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar bisa digunakan para pelajar saat mengikuti UNBK.

"Alahamdulillah kita mendapatkan bantuan 10 unit laptop dan 1 unit server, ini yang akan kita gunakan untuk UNBK nantinya," ujar Kepala SMK An-Nur Kuala Selat, Dani Sartika, MM.

Meski peralatan penunjang telah dimiliki, saat ini, kata dia, yang menjadi kendala adalah jaringan Telkom yang sangat sulit di mana di daerah pesisir tersebut sinyal yang ada masih 2G.

Dia mengatakan, telah meminta bantuan kepada pihak Telkomsel untuk mengganti jaringan yang ada menjadi 4G, namun hingga kini belum ada tanda-tanda jaringan di Desa Kuala Selat yang terletak di Kecamatan Kateman akan diganti dari 2G menjadi 4G.

"Kita sudah meminta ke Telkom untuk diganti, kita juga sudah meminta bantuan kepada anggota dewan Inhil, hingga dewan provinsi dapil Inhil, namun hingga kini belum ada kemajuan," tambahnya.

Tidak ingin hanya berpangku tangan, sekolahnya kemudian mencoba dengan menggantungkan HP Android menggunakan bambu di atas gedung sekolah yang kemudian dipancarkan hotspot untuk dipancar ke server.

"Ini simulasi kedua kami, semoga simulasi ini berhasil hingga UNBK bisa berjalan degan lancar dan tidak ada kendala," kata Dani.