Kesehatan

Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Anak?

RIAULINK.com - Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan anak anak bahkan sejak ia masih di dalam kandungan. Kalsium akan tetap dibutuhkan setelah ia lahir untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat dan padat.

Bahkan kebutuhan kalsium harus dipenuhi seumur hidup karena memegang peranan penting menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Kalsium bahkan berperan mendukung kinerja saraf dan otot yang baik serta menjaga kesehatan jantung.

Namun sebenarnya berapa banyak kalsium yang dibutuhkan anak? Dilansir dari Kid's Health.org, ini kalsium yang dibutuhkan anak berdasarkan usianya.

Bayi : mendapatkan kalsium dari ASI dan susu formula

Bayi usia di bawah 6 bulan membutuhkan 200 mg kalsium per hari.Bayi usia 6 -11 bulan membutuhkan 260 mg kalsium per hari.

Balita dan Remaja: mendapat kalsium dari susu formula, susu sapi, yogurt, tahu, tempe, buah, dan sayuran

Anak-anak membutuhkan lebih banyak kalsium ketika usianya lebih besar untuk menumbuhkan tulang kuat.Anak-anak usia 1-3 tahun butuh 700 mg kalsium per hari (2-3 porsi).Anak-anak usia 4-8 tahun butuh 1.000 mg kalsium per hari (2-3 porsi).Anak-anak dan remaja usia 9-18 tahun butuh 1.300 mg kalsium per hari (4 porsi).

Kalsium bisa didapat dari berbagai makanan dan minuman. Bayi tidak boleh mendapatkan kalsium dari susu sapi, hanya dari air susu ibu dan susu formula. Jika ingin memberikan kalsium, ibu menyusui perlu mengonsumsi suplemen kalsium agar bisa menyalurkan lewat asi ke bayi.