Kesehatan

Pengidap Diabetes Tak Boleh Kebanyakan Makan Durian

Durian. Int

RIAULINK.com - Kabar seorang pegowes yang meninggal setelah makan durian  usai gowes adi viral, diikuti imbauan untuk tidak memakan durian di saat lelah dan jantung berdebar. Soal durian dan efeknya pada jantung, dokter jantung sekaligus penulis buku, dr Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA, menyebutkan justru pengidap diabetes lebih berisiko tinggi ketimbang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

"Hati-hati yang diabetes sebenernya. Orang yang diabetes sebaiknya jangan pilih durian kalau makan buah. Kalorinya tinggi, gulanya juga tinggi," katanya saat dihubungi oleh wartawan, Kamis (24/1/2019).

Pada pengidap diabetes, buah-buahan selain durian yang lebih disarankan untuk dikonsumsi seperti pepaya, melon, alpukat, nanas, atau anggur. dr Vito menyarankan jika memakan buah, sebaiknya dimakan bergantian atau bervariasi tiap harinya.

Selain itu, ia juga mengatakan hindari pemanis tambahan pada buah yang diawetkan. Hal ini disebabkan dalam buah sudah terkandung fruktosa atau gula alami, sehingga perlu diperhatikan juga agar tidak memakannya secara berlebihan karena konsumsi gula yang tinggi berbahaya bagi pengidap diabetes.

Lalu memakannya lebih baik secara utuh atau dijus, ya, Dok? "Makan buah utuh lebih baik daripada dijus. Dan ingat, bijinya jangan ikut dimakan ya, hehehe," tandas dr Vito.