Kesehatan

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Suji

RIAULINK.com - Tanaman suji sering kali dimanfaatkan masyarakat untuk ditanam di pekarangan maupun di halaman rumah. Karena tanaman suji mempunyai bentuk yang cukup indah dan bunganya yang menebarkan aroma wangi, khususnya saat sore hari.

Tanaman suji ini bersusunan bunga majemuk dalam karangan dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan yang terkadang disertai dengan semburat ungu. Karena itulah tanaman suji ini kerap ditanam di pekarangan rumah warga. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias saja.

Tanaman suji juga kerap digunakan sebagai pewarna makanan. Serta bagian rimpang dan akarnya telah banyak digunakan sebagai pengobatan. Umumnya tanaman ini dikenal sebagai sumber tonikum dan diduga berkhasiat untuk pengobatan leukimia.

Namun tak hanya itu saja, nyatanya daun suji juga berkhasiat tinggi untuk pengobatan wasir. Wasir sendiri merupakan jenis penyakit yang menyerang organ dubur manusia. Kondisi ini berupa pembengkakan berisi pembuluh darah yang membesar, baik di area anus maupun di dalam anus.

Biasanya, penyebab utama timbulnya penyakit wasir ialah adanya peningkatan tekanan di bagian bawah perut. Pola hidup yang tidak sehat juga merupakan pemicu tinggi seseorang terkena wasir ini. Selain itu, wasir juga kerap menimbulkan berbagai gejala yang sangat mengganggu dan bahkan sangat menyakitkan.

Untuk itu, penyakit ini harus segera diobati sesegera mungkin. Selain melakukan pengobatan melalui cara medis dan operasi, wasir juga bisa diatasi terlebih dahulu menggunakan cara alami. Yang salah satunya Anda bisa memanfaatkan tanaman suji untuk pengobatannya.

Cara Mengobati Ambeien dengan Daun Suji

Cara pengolahan daun suji menjadi ramuan alami pengobatan wasir pun mudah. Anda bisa mengikuti cara seperti berikut ini :

Siapkan daun suji segar sebanyak 10 helaiCuci terlebih dahulu daun suji hingga bersihSetelah itu, irit-irit daunnya lalu masukan ke dalam blenderMasukan juga air putih segelas lalu haluskanJika sudah, angkat lalu saring airnya terlebih dahuluTuangkan ke dalam gelas dan campurkan juga setengah sendok teh garam lalu aduk hingga merata.

Dan itulah langkah mudah mengolah daun suji untuk membantu mengobati ambeien atau wasir Anda. Namun tentunya, dengan hanya menggunakan ramuan tersebut saja tidak cukup ampuh. Pasalnya, tidak ada pembuktian ilmiah dari daun suji mampu mengobati ambeien. Terlebih lagi untuk pengolahannya pun pasti harus dilakukan dengan dosis dan cara yang paling tepat.