Riau

Proses Lelang Pengadaan Barang dan Konstruksi Pemkab Inhu Ditargetkan Mulai Maret 2019

Ilustrasi.int

RIAULINK.com - Bagian Layanan dan Pengadaan Setda Inhu menargetkan pada Maret 2019 mendatang proses lelang, baik barang maupun konstruksi sudah dapat dimulai, sehingga proses pelaksanaan proyek dapat dilaksanakan secepatnya dan target akhir pelaksanaan dapat tercapai. 

"Saat ini setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Pemkab Inhu masih menyiapkan dokumen pelaksanaan lelang, karena hingga saat ini belum ada yang masuk. Kami saat ini hanya menunggu dokumen tersebut masuk, baru bisa dilaksanakan lelang. Artinya pelaksanaan lelang tergantung pada dokumen OPD yang masuk," jelas Kabag Layanan dan Pengadaan, Mulyadi, Selasa (15/1/2019). 

Dikatakannya,  tahun 2018 lalu pelaksanaan lelang sesuai dengan dokumen yang masuk sebanyak 73 paket, baik lelang kontruksi maupun lelang barang dan semua dapat terealisasi dengan baik. 

Diakuinya untuk proses lamanya waktu lelang tergantung pada jenis lelang. Untuk lelang jenis konstruksi akan sedikit lebih lama dibandingkan proses lelang pengadaan barang. 

Untuk konstruksi bisa minimal satu bulan karena untuk proses verifikasi dokumen cukup rumit dilakukan, apalagi saat ini untuk sistem lelang dilakukan secara online, sehingga dokumen para rekanan harus betul betul bisa terverikasi dengan baik, sehingga penentuan pemenang sudah sesuai dengan ketentuan dan persyaratan dalam lelang tersebut. 

"Namun untuk pengadaan barang akan bisa lebih cepat dibandingkan konstruksi," ucap Mulyadi. 

Selain itu ditambahkan Mulyadi, untuk melakukan proses lelang dengan pembentukan Pokja lelang yang akan bekerja melakukan verifikasi terhadap penawaran yang masuk dalam proses lelang elektronik sebelum ditentukannya pemenang. 

"Semoga dapat dilaksanakan secepatnya, sehingga proses pembangunan juga akan bisa dijalankan dengan segera," Mulyadi.