Kesehatan

Diskes Pastikan BPJS Tak Ada Putuskan Kerja Sama dengan Rumah Sakit di Riau

RIAULINK.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memastikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak ada memutuskan hubungan kerja sama dengan rumah sakit di Riau.

Karena itu, masyarakat Riau diimbau untuk tidak perlu khawatir dengan berita pemutusan hubungan kerjasama BPJS Kesehatan dengan rumah sakit yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. 

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir seperti dilansir dari laman Cakaplah.com, Selasa (8/1/2018) di Pekanbaru. 

Mimi mengatakan, berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan, semua rumah sakit yang ada di Riau tetap bekerjasama dengan BPJS.

"Jadi kita harap masyarakat tidak perlu resah karena pelayanan kesehatan tetap berjalan seperti biasanya," katanya. 

Sampai saat ini, lanjut Mimi, pihaknya belum mendapat laporan terkait adanya rumah sakit di kabupaten/kota se-Riau yang mengalami pemutusan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Kita di Riau ini 70 rumah sakit, semua masih bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Yang paling penting bagi kita, di Riau tidak ada pelayan rumah sakit yang MoU-nya diputus oleh BPJS," ungkapnya. 

Mimi menambahkan, dari 70 rumah sakit itu  49 diantaranya sudah terakreditasi, tiga menunggu hasil akreditasi, satu dalam pelaksanaan akreditasi, selebihnya masih belum dan semuanya masih bekerjasama dengan BPJS. 

Seperti diketahui, BPJS memutuskan hubungan kerja dengan beberapa rumah sakit karena masalah akreditasi. Karena rumah sakit tersebut tidak memenuhi syarat di peraturan yang mengatur rumah sakit kerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam pelayanan JKN-KIS.