Peristiwa

SPBU di Rengat Terbakar, Tiga Orang Alami Luka Bakar Serius

RIAULINK.com - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik Dodi Neveldi yang berada di Jalan Sultan, Rengat, nyaris ludes terbakar, Kamis (27/12/2018) sekira pukul 22.00 WIB. Beruntung api dapat dipadamkan dengan cepat oleh petugas SPBU.

Namun, kebakaran SPBU yang berada di gerbang Kota Rengat ini, mengakibatkan tiga orang karyawan mengalami luka bakar yang serius. 

Yogi Pernanda (17) yang merupakan pelajar SMK N 1 Rengat, warga Jalan Narasinga Kelurahan Kambesko Rengat, mengalami luka bakar di kedua kakinya, tangan sebelah kanan, dan di bagian perut. Masrial (52) warga Jalan Danau Raja Kelurahan Kampung Dagang, mengalami luka bakar di kaki sebelah kanan, dan Ardi (20) mengalami luka ringan.

Paur Humas Polres Inhu Bripka Misran mengatakan, kejadian bermula sekira pukul 11.00 Wib. Karyawan SPBU Edi Hendra, Ahmad, Ardi dan Yogi Pernanda membersihkan karat tangki pendam minyak jenis bensin karena pada malam itu akan ada minyak yang masuk. Untuk membersihkan tangki pendam tersebut, minyak yang tersisa di tangki lebih kurang 1 ton, dikuras dan dipindahkan ke bejana penampung sementara yang berada di atas tanah. 

Proses pembersihan tangki pendam tersebut selesai sekira pukul 22.00 Wib. Sekira pukul 22.05 Wib, kendraan R6 pengangkut minyak jenis bensin milik PT. Pertamina tiba di SPBU dan langsung memindahkan minyak dari tangki mobil ke tangki pendam SPBU menggunakan selang standar. 

Saat itu, para karyawan berencana melanjutkan pekerjaan dengan memindahkan kembali minyak dari dalam bejana penampung sementara ke dalam tangki pendam SPBU dengan menggunakan pompa.

Bripka Misran mengatakan, karena pompa tersebut menggunakan arus listrik, Yogi Pernanda mencolokkan cok pompa ke stop kontak yang berada di tiang listrik. Ketika cok pompa dicolokkan ke stop kontak, menimbulkan percikan api dan langsung menyambar ke arah rumput yang ada tumpahan minyak bensin. Api dengan cepat menjalar ke arah manhole SPBU. 

Kemudian Edi Hendra langsung berlari mengambil racun api dan berusaha memadamkan api agar tidak membesar. Berselang beberapa saat kemudian, api berhasil dipadamkan. Edi Hendra melihat Yogi Pernanda mengalami luka bakar di sebagian anggota tubuhnya dan korban langsung dilarikan ke Klinik Medisra menggunakan kendaraan R4 guna mendapatkan pertolongan. 

"Saat ini Polres Inhu sedang melakukan langkah-langkah penyelidikan dari kejadian tersebut, guna memastikan penyebab dari kebakaran," kata Bripka Misran.