Kesehatan

Ternyata Lima Sayur ini Penurun Kolestrol Tinggi

Sayur

RIAULINK.com - Ketika kadar kolesterol di dalam tubuh tidak dikendalikan, maka kolesterol yang terlalu tinggi tersebut dapat memicu terjadinya stroke hingga serangan jantung. Selain dengan minum obat, tentunya Anda juga perlu mengontrol asupan makan Anda.

Tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh jika dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan tumpukan lemak hingga mengeras pada dinding pembuluh darah. Hingga akhirnya, plak lemak ini akan menyempitkan pembuluh darah hingga darah tidak dapat mengalir dengan cepat.

Nah, salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol Anda ialah dengan menjaga pola makan. Beberapa jenis sayuran di bawah ini diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami, diantaranya seperti :

5 Sayur Penurun Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kubis

Di dalam kubis diketahui terdapat bahan aktif sulforafan, iberin, histidin, dan cyano Hidroksi Buteni (CHB). Kubis bisa diolah menjadi lalaban, sayur sup, karedok, yang bisa membantu melawan kolesterol jahat.

Seledri

Seledri memiliki berbagai kandungan alami seperti minyak atsiri dan senyawa slavonoid. Serta senyawa atikolesterol lainnya seperti alisin dan allin.

Seledri juga memiliki bau yang harum dan kerap digunakan sebagai penyedap sup. Dan secara keseluruhan bagiannya memiliki khasiat sebagai penurun kolesterol.

Daun Salam

Selain umumnya kerap digunakan sebagai penyedap masakan. Daun salam juga memiliki beragam khasiat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda. Di dalam daun salam ini terkandung beberapa bahan aktif berupa tanin, flavonoida, serta minyak atsiri.

Wortel

Sayuran berumbi berwarna orange ini memang telah terkenal memiliki kandugan baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk mata. Namun tak hanya untuk mata saja, kandungan betakarotennya pun bisa menjadi zat antikolesterol.

Dan kandungan seratnya bisa mengurangi penyerapan lemak, sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh dapat berkurang.

Jagung

Jagung muda kaya akan kandungan fosfor, thiamin, dan kalium. Kandungan kaliumnya bersifat diuretik atau melancarkan air seni. Dan air rebusan jagung utuhnya bisa berkhasiat pula sebagai antikolesterol.

Demikianlah beberapa jenis sayur-sayuran yang kami rekomendasikan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat.