Kesehatan

Cegah Difteri, Dinkes Pekanbaru Lakukan Imunisasi Ulang Kepada 680 Anak

RIAULINK.com - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengklaim telah melakukan imunisasi ulang terhadap seluruh anak-anak di Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

"Lebih kurang 680 anak di 61 RW yang terdapat di Kelurahan Sialang Munggu telah dilakukan imunisasi ulang," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Pekanbaru Gustiyanti, Rabu 12 Desember 2018.

Gustiyanti menjelaskan, imunisasi ulang terhadap anak-anak di Kelurahan Sialang Munggu dilakukan karena ditemukannya kasus difteri beberapa waktu lalu.

"Ini (imunisasi ulang) sesuai prosedur, karena sebelumnya ditemukan kasus anak meninggal dunia pada tanggal 6 Oktober 2018 lalu karena difteri. Apalagi sampai meninggal, ini sudah termasuk Kejadian Luar Biasa (KLB)," jelas Gustiyanti.

Imunisasi ulang yang dilaksanakan di Kelurahan Sialang Munggu tersebut dilakukan dalam tiga tahapan.

"Kita lakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama tanggal 25 November lalu. Tahap ke dua tanggal 2 Desember. Sementara tahap ke tiga pada tanggal 9 Desember lalu," terangnya.

Guna mencegah kembali jatuhnya korban meninggal dunia, Gustiyanti menghimbau agar masyarakat bisa memberikan imunisasi terutama yang memiliki bayi.

"Kita menduga kasus anak yang meninggal dunia di Kelurahan Sialang Munggu karena sejak kecil tidak pernah diberikan imunisasi. Untuk itu kita menghimbau agar orang tua bisa memberikan imunisasi kepada bayinya," pungkasnya.