Kesehatan

BBPOM Pekanbaru Beri Edukasi Ribuan Anak TK Agar Tidak Jajan Sembarangan

RIAULINK.com - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru mengedukasi ribuan anak usia dini yang berasal dari beberapa TK di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk ikut peduli terhadap pangan yang mereka konsumsi, khususnya jajanan sekolah.

Kegiatan ini merupakan serangkaian acara dalam bulan Keamanan Pangan Nasional. Di mana, kegiatan yang mengambil tema "Peduli Pangan Aman Sejak Usia Dini, Wujudkan Prestasi Bangsa" ini dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu (5/12/2018).

Kepala BBPOM Pekanbaru, M Kashuri mengatakan, bahwa anak-anak sengaja diikutsertakan dalam misi pengawasan pangan sejak dini ini, untuk menumbuhkan kepedulian terhadap makanan yang akan mereka konsumsi hingga dewasa nanti.

"Anak-anak dipilih karena makanan bergizi sangat diperlukan untuk generasi penerus bangsa ini. Seperti mereka, kita kampanyekan bahwa kita peduli makanan untuk anak usia dini," kata Kashuri di Kantor Gubernur Riau, Rabu pagi.

Tidak main-main, Kashuri pun melibatkan sekitar 1.032 anak TK didampingi para orang tuanya dalam kegiatan edukasi yang pertama di Riau dan Indonesia ini.

Rangkaian acaranya, anak-anak ini melakukan pawai keliling sekitar Kantor Gubernur Riau dengan membawa tulisan-tulisan yang memiliki pesan, seperti jangan beli kemasan rusak, waspada barang kadaluwarsa, dan tubuh sehat awal kesuksesanmu. Uniknya lagi, mereka juga menuliskan pesan demikian di sepeda hias mereka.

Melalui kegiatan awal ini, Kashuri berharap hati para orangtua dapat tergerak untuk menyiapkan bekal makanan yang sehat untuk buah hatinya.

"Pesannya supaya ibunya memberikan bekal yang sehat daripada jajan yang nggak sehat," cetusnya